Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kue Sagon khas Prabumulih Sumatera Selatan | Resep Kue Sagon khas Prabumulih | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Kue sagon adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan gula. Kue ini biasanya berbentuk bulat atau pipih dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa manis.

Kue sagon berasal dari tradisi kuliner Indonesia, khususnya di daerah pesisir, seperti Betawi dan beberapa wilayah di Jawa. Nama "sagon" sendiri diambil dari kata "sagu," yang merujuk pada bahan utama yang digunakan, meskipun saat ini lebih umum menggunakan tepung ketan dan kelapa parut.

Kue ini sering dihidangkan pada acara-acara tertentu, seperti perayaan atau sebagai sajian saat menjamu tamu. Sagon memiliki ciri khas rasa yang manis dan aroma kelapa yang kuat. Seiring waktu, variasi dan cara penyajiannya pun berkembang, tetapi tetap mempertahankan esensi sebagai kue tradisional yang menggugah selera.

Resep Sagon khas Prabumulih
Bahan:
-500 gr Tepung Beras, sangrai
-500 gr Kelapa Parut Setengah Tua
-250 gr Gula Harus
-1 sdt Garam
-1/2 sdt Vanili bubuk

Cara Membuat Sagon khas Prabumulih:
-Sangrai kelapa parut sebentar saja. Jangan terlalu kering cukup sekedar kadar air kelapa parut sedikit berkurang. (Kelapa masih tetap berwarna putih). Biarkan sampai sudah tidak panas.
-Campur semua bahan jadi satu. Aduk ringan dengan menggunakan tangan sampai tidak ada yang bergerindil. Tidak perlu ditekan2 saat mengaduk. (Cukup diawur2 saja)
-Panaskan oven di suhu 160 darcel, cetak adonan dalam cetakan sagon dengan sedikit ditekan agar agak padat.
-Panggang sampai matang. Keluarkan dari cetakan, angin2kan setelah dingin simpan dalam toples

Post a Comment for "Cara Membuat Kue Sagon khas Prabumulih Sumatera Selatan | Resep Kue Sagon khas Prabumulih | Kompilasitutorial.com"

close