Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Ikan Sema Masak Bambu khas Pagar Alam | Cara Membuat Ikan Sema Masak Bambu khas Pagar Alam | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Menu di Pagaralam yang paling saya suka adalah ‘Ikan Sema Masak Bambu’. Sebuah masakan khas Pagaralam yang rasanya dahsyat … Bumbunya terdiri dari cabe merah, bawang putih, laos, kunyit, jahe, sereh dan kemiri yang digerus halus, lantas diberi tomat ceri dan daun salam. Setelah di oles bumbu, ikan langsung dibungkus dengan daun pisang dan dibiarkan selama 10 menit, baru kemudian dimasukkan dalam bambu (ini masakan tradisional dari jaman baheula dimana saat itu belum ada yang namanya panci, jadi kalau mau masak yang kuah kuah ya pakai bambu.

Bambunya bambu muda, karena bambu muda akan menghasilkan rasa manis dan aroma yang harum khas. Seperti cara kerja panci yang musti di tutup ketika merebus, bambu juga perlu di tutup supaya masakan lebih cepat matang dan aromanya lebih tajem. Cara nutupnya? dengan di ‘ganjel’ sama daun pisang yang dilipat lipat lalu dimasukkan ke dalam bambu. Setelah itu langsung deh dibakar. Selama di bakar juga perlu sering diputar supaya matangnya lebih merata dan yahui … dibakarnya sekitar 20 menitan. Oya, selain ikan, kami juga membuat Ayam masak Bambu.

Post a Comment for "Resep Ikan Sema Masak Bambu khas Pagar Alam | Cara Membuat Ikan Sema Masak Bambu khas Pagar Alam | Kompilasitutorial.com"

close