Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kue Sagon | Cara Membuat Kue Sagon khas Empat Lawang Tebing Tinggi | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Resep kue sagon kelapa cukup praktis dan mudah dipraktikkan. Jajanan tradisional khas Jogja ini masih bisa ditemui di pasaran. Rasanya yang enak renyah, membuat digemari semua kalangan.

Saat ini, ada varian kue sagon kering yang biasa disajikan saat Lebaran. Selain enak, bahan pembuatan kelapa juga mudah ditemukan. Untuk itu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kue sagon kelapa dan secangkir teh, tentu bisa menghangatkan suasana. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat di rumah, berikut resep membuat sagon

Resep Kue Sagon khas Empat Lawang
Bahan-bahan:
-250 Gram Ketan Putih
-200 Gram Kelapa Parut
-125 Gram Gula Pasir
-1/2 Sdt Garam
-80-100 Ml Air
-1 Lembar Daun Pandan

Cara Membuat
-Sangrai tepung ketan dan daun pandan dengan api kecil sekitar 10-15 menit,hingga daun pandan kering.Angkat dinginkan
-Sangrai kelapa parut sekitar 15-20 menit dengan api kecil hingga kering,tidak mesti berubah coklat.Angkat hilangkan uap panasnya.
-Masukan dalam wadah kelapa sangrai,gula pasir dan garam,aduk hingga tercampur rata.Kemudian masukan tepung ketan aduk dengan tangan hingga semua bahan tercampur merata.
-Beri air sedikit demi sedikit aduk merata,penggunaan air bukan untuk membuat bahan menjadi seperti adonan tetapi hanya untuk melembabkan adonan.jika ada yg menggumpal terkena air sisir hingga menjadi buliran halus kembali.
-Masukan kedalam cetakan yg kalian punya,Aku memakai ring cutter.Kemudian tekan-tekan hingga padat kurang lebih 1/2 - 1cm.Menurutku sebaiknya 1/2 Cm karena 1 Cm terlalu tebal.
-Masukan ke dalam oven yg sudah dipanaskan sebelumnya.panggang dengan suhu 150°c dengan api atas bawah selama 30-35 menit sesuai dengan ketebalan sagon.Kalo sudah kering dan mengeras angkat dinginkan.sagon siap dinikmati.

baca juga : Resep Gonjeng

Post a Comment for "Resep Kue Sagon | Cara Membuat Kue Sagon khas Empat Lawang Tebing Tinggi | Kompilasitutorial.com"

close